Artikel Musik‎ > ‎Drum‎ > ‎

Cara Memilih Drum Tepat Guna

Memiliki alat musik drum pribadi mungkin impian bagi seseorang yang menyukai permainan drum. Namun, promosi yang dilakukan artis, distributor, dan toko kadangkala membuat bingung. Kami akan memberikan tips tentang memilih drum yang tepat guna.

  • Sesuaikan dengan jangkauan tangan dan kaki pemain. Jika masih anak-anak atau bertubuh pendek, lebih baik membeli drum junior yang ukurannya lebih kecil daripada drum standar. Mungkin timbul ketakutan, bagaimana kalau anak-anak sudah dewasa dan drumnya tidak terpakai ? Drum yang berkualitas bagus, walaupun kecil namun orang dewasa juga pasti akan senang menggunakannya, maka tidak perlu kuatir jika sudah dewasa drumnya tidak dapat dipakai lagi. Drum berukuran kecil juga praktis dibawa kemana saja, walaupun saat ini belum umum digunakan untuk keperluan pentas. Alat musik yang baik tentu harus bisa menyesuaikan ukuran fisik pemainnya, seperti alat olahraga yaitu raket, sepatu olahraga, baju renang yang harus menyesuaikan atletnya.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan, apakah drum akan dipakai secara pribadi atau umum. Kadang orang berpikir bahwa drum yang dipakai pribadi harus yang terbaik, sedangkan drum untuk umum yang murah saja, padahal tidak selalu harus begitu. Drum yang dipakai pribadi, dapat menyesuaikan dengan karakter musik pemainnya. Drum ada yang cocok digunakan untuk jenis musik pop, hardrock, punk, jazz, country, latin, dan sebagainya. Merk apapun tidak masalah, tetapi pelajari dulu karakter drum yang akan dibeli. Biasanya hal ini dijelaskan dalam katalog/brosur produk. Jika tidak mengerti, mintalah penjelasan pada toko/distributor yang mengeluarkan produk drum itu. Sebaliknya, jika drum digunakan untuk umum, jangan hanya mempertimbangkan harga yang murah, namun carilah drum yang spare part-nya tersedia banyak, sebab drum yang dipakai umum pasti mengalami kerusakan. Jika spare part sulit dicari atau harus menunggu lama tersedianya, maka hal itu bisa menghambat usaha anda. Kami berharap, artikel ini bisa membantu pecinta drum untuk memiliki drum yang tepat sesuai tujuannya. Selamat bermain drum ! (Iwan Sentosa K.)
Comments