Artikel Musik‎ > ‎Drum‎ > ‎

Permainan Alat Musik Drum

Saat ini, alat musik drum merupakan pelengkap dalam suatu kelompok musik (band). Kalau kita menilik kebudayaan tradisional Jepang, menabuh drum dapat dikatakan suci/sakral yaitu sebagai kegiatan upacara memperingati dewa api. Kegiatan tersebut dilakukan dengan tidak sembarangan. Intonasi pukulan harus tepat dan kompak sehingga mengagungkan dewa yang dipuja. Masyarakat Jepang juga menikmati aksi menabuh drum karena permainannya yang teratur dan membentuk iringan yang menarik. Permainan drum dalam bentuk barisan alat musik drum dan pelengkapnya juga terkenal sebagai kegiatan Marching Band. Di Amerika, kegiatan Marching Band sangat berkembang hampir di setiap lembaga pendidikan dan lembaga lainnya, sampai ada sebuah film berjudul “Drum Line” yang mengisahkan perjuangan seorang anak yang sangat berbakat dalam drum namun tidak diterima dalam kelompok Marching Band karena tidak bisa membaca notasi (not balok) dalam drum. Akhirnya ia terbantu oleh adanya suatu program komputer yang mampu menampilkan notasi permainan drumnya sehingga ia tidak perlu berpatokan pada notasi yang sudah ada, namun dapat mengembangkan permainannya sendiri.

      Di Indonesia, kegiatan Marching Band masih kurang mendapat perhatian masyarakat dan hanya dianggap sebatas kegiatan ekstrakurikuler di beberapa gelintir sekolah. Selain dianggap peralatannya mahal, musiknya membosankan karena jarang menampilkan melodi. Padahal musisi luar negeri seperti Gwen Stefani (mantan vokalis grup No Doubt) dan kelompok Destiny Child berupaya untuk menggabungkan musik R&B dengan iringan Marching Band supaya lebih menarik. Beberapa musisi lain juga telah  melirik penggabungan musik modern dengan musik etnik sehingga menghasilkan perpaduan yang luar biasa bagus. Maka sudah seharusnya kita mulai memberikan apresiasi pada permainan musik yang jarang dilirik oleh masyarakat modern saat ini.

       Masyarakat sebaiknya mulai menyadari bahwa setiap kegiatan dan permainan musik apapun adalah baik bila dilakukan dengan semangat dan rasa cinta yang mendalam. Alat musik drum yang dimainkan dengan penuh perasaan, juga akan menghasilkan suara yang menyenangkan. Hargailah setiap orang yang telah berusaha untuk melakukan sesuatu yang positif, sehingga kita dapat berharap adanya kemajuan dalam masyarakat kita. (Iwan Sentosa K)

 

 

 

 

Comments