Artikel Musik‎ > ‎Umum‎ > ‎

Keindahan Musik

         Pernahkah anda mendengar lagu Do-Re-Mi yang diambil dari film Sound of Music ? Dalam film itu, lagu Do-Re-Mi menceritakan seorang pengasuh anak yang mencoba mengajarkan musik pada anak-anaknya. Namun, pertama kali mencoba mengenalkan anak-anak pada tangga nada do-re-mi-fa-sol-la-si-do, anak-anak merasa sulit mengenali nada dan menyebutkan nama nada dengan benar. Maka dibuatlah lagu Do-Re-Mi dengan dicarikan padanan kata dalam bahasa Inggris untuk memudahkan mengingat nada dan namanya. Misalnya nada “Do” dipadankan dengan kata “Doe” yang dalam bahasa Inggris artinya Rusa Betina. Ternyata anak-anak sangat menyukai musik dan senang menyanyikannya. Ini adalah awal untuk mempelajari musik lebih jauh. Kecintaan terhadap keindahan musik dalam nada-nada akan memberikan semangat dalam bermain musik.

         Film ini juga mengisahkan bagaimana musik dapat mengubah perilaku seseorang. Ayah dari anak-anak yang semula keras dan disiplin, setalah mendengarkan anak-anaknya bernyanyi dapat berubah menjadi lembut dan penuh kasih. Bahkan dalam film ini juga diceritakan bahwa musik dapat memberikan hiburan dan suasana damai di tengah-tengah ancaman perang di negara Austria. Sungguh merupakan film yang menginspirasi !

            Pada dasarnya musik itu mudah dan menyenangkan. Mudah artinya setiap orang pasti bisa memainkan musik sesederhana apapun. Misalnya, orang dapat mengenali adanya ketukan dalam sebuah lagu dengan mengetukkan kakinya mengikuti irama lagu. Irama merupakan bagian dari musik. Atau orang bisa bersiul menirukan nada suatu lagu,  artinya ia dapat mengenali melodi. Melodi juga merupakan bagian dari musik. Jika setiap orang mampu mengenali musik, maka memainkan alat musik juga pasti mudah karena alat musik hanya merupakan sarana. Alat musik ibarat alat tulis yang setiap orang mampu menggunakannya. Jika diberi semangat dan informasi yang benar tentang musik, maka musik yang tercipta akan menjadi indah dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pemainnya. Cobalah untuk memainkan alat musik apapun sesuai selera. Selamat mencoba ! (Venny S)

Comments