Artikel Musik‎ > ‎Umum‎ > ‎

Perkembangan Musik

          Dunia musik tidak mengenal batas wilayah, usia, ras dan sebagainya. Musik bisa dinikmati oleh siapapun juga. Saat ini, musik berkembang mengikuti perkembangan pola pikir manusia. Ini yang menyebabkan jenis musik menjadi lebih beragam. Penggunaan alat musik tambahan juga banyak sehingga musik menjadi lebih menarik. Sangat disayangkan apabila orang tidak memahami musik dengan baik dari seninya. Padahal hobi musik bisa dijadikan berbagai profesi seperti menjadi artis, guru, pengatur sound sistem, pengelola perusahaan rekaman atau studio, sampai menjadi manajer artis. Akibat orang tidak terlalu memahami musik, maka orang cenderung menganggap mudah permainan musik. Maraknya pembajakan lagu juga disebabkan karena orang kurang memahami proses penciptaan musik yang baik sehingga akhirnya kurang menghargai karya musik. Artis menjadi malas melahirkan karya-karya yang bermutu karena kurang bisa diterima masyarakat, akibatnya yang muncul adalah industri musik yang selalu mengikuti permintaan pasar. Tema musik yang disodorkan ke masyarakat umumnya monoton untuk konsumsi orang dewasa. Ini bisa berakibat buruk apabila didengarkan oleh anak-anak sedari kecil. Anak-anak seharusnya mendengarkan lagu dengan beragam tema seperti bermain, persahabatan, cinta pada orang tua, lingkungan hidup dan religius.

          Perkembangan musik religius di Indonesia juga sudah cukup baik dengan adanya band-band seperti Ungu, Gigi, yang membuat album lagu-lagu religius Islam. Lagu religius nasrani juga cukup banyak yang menjadi populer di masyarakat dengan adanya beberapa sinetron dengan tema religius. Mendengarkan beragam jenis musik juga baik untuk melatih kepekaan perasaan kita, walaupun jenis musik itu kurang sesuai dengan selera dan kepribadian kita, namun cobalah untuk menikmatinya karena siapa tahu kita akan dapat menemukan keindahan yang tidak kita dapatkan sebelumnya dari musik itu.

        Perkembangan musik saat ini tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi terutama teknologi digital. Banyak alat musik yang memanfaatkan teknologi ini untuk membuat permainan musik menjadi lebih variatif, menarik dan menyenangkan. Peningkatan kualitas suara dan penambahan contoh-contoh suara yang diambil dari bunyi-bunyian di sekitar kita dapat dilakukan dengan mudah dengan teknologi digital, lalu diprogram dengan apik menghasilkan keluaran suara yang sungguh mengagumkan. Suara yang dihasilkan juga diupayakan agar tidak meninggalkan kesan naturalnya.

          Teknologi sangat membantu dalam belajar memahami musik dengan baik. Dahulu orang sulit mempelajari harmonisasi delam melodi dan iringan (rhythm). Saat ini alat musik seperti keyboard modern cukup membantu memberikan gambaran dengan baik, seperti penggunaan program lagu (song) maupun iringan (style) untuk keyboard memudahkan orang untuk memainkan musik semirip mungkin dengan aslinya. Umumnya penggunaannya dalam belajar musik adalah untuk menggambarkan pola-pola permainan musik, lalu juga sebagai sarana hiburan di rumah untuk menyanyi bersama keluarga dan teman. Namun dengan adanya program lagu pada keyboard ini, orang cenderung jadi malas belajar dan hanya mengandalkan kecanggihan program suara dari keyboardnya saja. Padahal yang terpenting adalah kita bisa memainkankan musik dengan baik dahulu, barulah alat dan segala fasilitasnya mendukung penampilan kita. Apabila kita sudah mengerti pola permainan musik maka memainkan musik apapun tidak menjadi masalah dan tidak perlu tergantung dengan kecanggihan alat saja. Semoga kita menjadi lebih bersemangat dalam belajar musik dengan adanya dukungan dari teknologi dengan segala kemudahannya untuk membuat musik menjadi lebih baik lagi ! (Iwan Sentosa K)

Comments