Artikel Baru‎ > ‎

Peluang Dalam Industri Kreatif

posted Jul 14, 2013, 6:21 AM by Venny Septania   [ updated Jul 14, 2013, 6:46 AM ]

    Dalam industri kreatif saat ini, misalnya dunia musik, gambar, desain, fotografi, dsb, banyak hal yang bisa dilakukan sendiri. Internet memberikan fasilitas yang dulu tidak bisa dilakukan sendiri, namun saat ini bisa. Contohnya adalah Google Sites yang memungkinkan orang untuk membuat desain website nya sendiri. Amazon Kindle juga memberikan fasilitas untuk menerbitkan buku sendiri. Musisi juga bisa menjual langsung karya lagu mereka melalui situs seperti Nimbit. Bahkan para animator bisa membuat animasi langsung melalui situs seperti GoAnimate dari Youtube. Ide apa pun bisa diwujudkan melalui berbagai media dengan biaya yang rendah. Hal ini sangat membantu para insan kreatif untuk berkreasi.

    Sistem operasi untuk telepon seluler dan Tablet berbasis Android dan iOS juga memberikan peluang orang untuk membuat aplikasi dari yang sangat sederhana, bahkan tanpa bahasa pemrograman sama sekali. Misalnya melalui aplikasi App Inventor untuk membuat aplikasi Android. Ini memungkinkan orang yang awam terhadap dunia komputer pun bisa membuat aplikasi. Cukup bermodalkan ide kreatif saja.

    Saat ini muncul juga istilah Crowdsourcing yang artinya suatu karya, ide atau jasa yang bersumber dari orang banyak secara online, misalnya musik yang dibuat secara bersama-sama oleh berbagai musisi di seluruh dunia. Industri musik yang mengadopsi sistem ini memungkinkan seorang musisi memperoleh ide melodi, bass, beat/rhythm dari musisi lain di berbagai belahan dunia dan membuat lagu bersama-sama, contohnya musisi Avicii dengan proyek lagu "X You" nya. Pengertian Crowdsourcing ini hampir mirip dengan Opensource untuk software, namun Crowdsourcing ini lebih luas lagi cakupannya, bukan hanya di bidang software.

    Dengan begitu banyak nya peluang di dunia kreatif ini diharapkan semakin mendorong orang untuk membuat sesuatu yang berguna bagi masyarakat. Bila kita mempunyai ide, kita bisa mencoba untuk mewujudkannya dengan berbagai media secara mudah dengan bantuan teknologi dan internet. Maka marilah kita berkreasi bersama !

Comments