Artikel Baru‎ > ‎

Perkembangan Musik Baru : Musik Teknologi

posted Jan 30, 2013, 5:30 AM by Venny Septania

     Saat ini marak musik-musik dengan genre Hiphop, R n B, Dance, Trance, Shuffle, dsb yang pada jaman dulu terkenal sebagai musik dugem, tidak bermutu, terkesan hanya untuk senang-senang dan tidak mempunyai tujuan yang berarti. Namun mengapa saat ini justru musik semacam itu yang berkembang/digemari, seperti gangnam style, k-pop dsb ?

    Jawabannya ada kaitannya dengan perkembangan teknologi musik. Dahulu, pemutar musik yang dikenal adalah tape/cd player yang hanya bisa memuat 10-20 lagu saja. Alatnya juga besar sehingga musik hanya bisa dinikmati di rumah atau di tempat tertentu saja. Oleh karena itu, musik dibuat dengan dipikirkan secara serius dan matang-matang karena kuantitas/jumlah produksinya masih sedikit. Kemudian musik berkembang dengan format lebih kecil yaitu mp3 dan berkembanglah pemutar musik mp3 yang bentuknya kecil, mudah dibawa dan ringan. Pemutar mp3 ini juga bisa memuat ribuan lagu. Hal ini secara tidak langsung merevolusi musik itu sendiri. Sekarang musik dibuat dengan lebih ringan/tidak terlalu berat karena musisi dituntut memproduksi musik dengan jumlah yang banyak dan tenggat waktu yang cepat. Selain itu juga karena jumlah musisi semakin banyak, otomatis persaingan juga semakin ketat sehingga musisi harus semakin cepat menelurkan karya musik baru agar tidak ketinggalan.

    Dunia bergerak begitu cepat. Dulu musisi mengupas musik hanya dari segi komposisi nada dan akor nya saja. Saat ini dengan bantuan teknologi, musik bisa diciptakan dengan jenis suara baru, harmonisasi baru, yang tidak mungkin diciptakan pada jaman dahulu sebelum ada teknologi tersebut. Jadi saat ini orang menikmati bentuk musik baru, yaitu musik teknologi, musik yang tercipta dengan adanya bantuan teknologi. Semoga, musik akan terus berkembang menjadi bentuk-bentuk lain yang semakin maju di masa depan. Selamat menikmati musik baru.

Comments