Artikel Baru‎ > ‎

Bermain Musik versus Game Online

posted Feb 6, 2013, 8:59 AM by Venny Septania   [ updated Feb 13, 2013, 9:46 PM ]

    Saat ini banyak remaja dan anak-anak yang menyukai permainan game online. Game online ini memang menyenangkan, sama halnya dengan bermain musik. Sepintas jika dilihat, musik dan game online memang tidak ada kaitannya. Persamaannya adalah keduanya merupakan dunia hiburan. Namun mengapa game online yang lebih digemari saat ini ?

    Jawabannya adalah karena harganya yang murah, terjangkau oleh uang saku pelajar untuk bermain di tempat persewaan. Harga komputer pribadi juga terjangkau karena komputer adalah alat multi fungsi, jadi orang tua berpikir bahwa membeli komputer selain bisa untuk bermain anaknya juga bisa untuk bekerja. Selain itu permainan komputer ini juga sangat mudah dimainkan, bahkan anak SD saja sudah mahir memainkannya.

    Berbeda dengan musik yang butuh belajar dulu untuk dapat memainkan suatu alat musik. Bahkan jika ingin serius, bisa memakan waktu yang lama (bertahun-tahun) untuk belajar musik sampai profesional di satu bidang alat musik. Selain itu, harga alat musik juga lebih mahal dibandingkan komputer karena satu jenis alat musik hanya bisa untuk memainkan musik itu saja, jadi tidak multi fungsi seperti komputer.

    Namun, di balik itu sebenarnya bermain musik atau belajar memainkan alat musik itu merupakan investasi. Apa yang kita pelajari saat ini mungkin bisa berguna di masa depan sebagai karir atau pekerjaan kita. Misalnya dengan menjadi artis/pemain musik, pengarang musik/lagu, penata musik/arranger, pengajar musik/guru, pembuat software musik dan masih banyak lagi jenis pekerjaan yang berhubungan dengan dunia musik. Jadi dengan belajar satu bidang musik, kita bisa terjun ke berbagai bidang perkerjaan di dunia musik yang tidak terbatas. Bahkan di masa depan akan tercipta jenis pekerjaan baru yang belum ada saat ini dengan berkembangnya teknologi yang mendukung hal tersebut.

Berbeda dengan game online yang tidak ada nilai investasinya, artinya tidak bisa digunakan sebagai bekal di masa depan.

Jadi jika sama-sama untuk bersenang-senang, mengapa tidak memilih untuk bermain musik ?

Mari belajar sambil bermain musik bersama-sama !

Comments