Kursus Musik Online


Semakin berkembangnya teknologi akan memudahkan manusia dalam melakukan aktifitas sehari-harinya. Teknologi internet memungkinkan manusia untuk berinteraksi tanpa batas waktu dan tempat. Salah satu pemanfaatan teknologi adalah untuk belajar suatu ketrampilan yang dapat menjadi bekal bagi anak-anak kita di masa depan. Untuk itulah Venny Music membuat sistem kursus online dengan memanfaatkan teknologi internet yang dapat menghubungkan manusia tanpa batasan.


Mengapa kursus musik online?

Ada beberapa hal yang melatarbelakangi kami membuat sistem kursus online :


  • Banyak orang dari berbagai tempat / kota yang ingin belajar musik namun mendapati kendala belum tersedianya kursus musik di daerahnya, atau biaya kursus musik di daerahnya tidak terjangkau.

  • Banyak orang yang tidak punya waktu / jadwal tetap untuk mengambil kursus karena ada kesibukan bekerja, mengurus rumah tangga, sekolah, dsb, sehingga mereka menginginkan waktu belajar yang fleksibel, bisa menyesuaikan waktu luang mereka.

  • Banyak orang yang ingin belajar dalam sistem dua arah, yaitu interaksi guru dan siswa, bukan hanya melalui video tutorial yang ada di YouTube saja, namun mereka juga mempunyai keinginan untuk bertanya, diarahkan secara tepat dan berkelanjutan oleh pengajar yang profesional.

  • Beberapa orangtua tidak punya waktu untuk mengantar anaknya datang ke tempat kursus, atau orangtua tidak punya waktu untuk mengontrol perkembangan belajar anak karena berbagai kesibukan.


Sistem Kursus Musik Online kami menggunakan media Whatsapp yang saat ini hampir dimiliki oleh semua orang. Sistem Kursus Musik Online yang kami tawarkan mempunyai beberapa perbedaan dengan kursus musik online lainnya :


A.   Kursus Musik Online Untuk Anak

  • Yang bertugas jadi mentor buat anak adalah orangtua. Orangtua tidak dituntut profesional dalam bidang musik, orangtua hanya berperan mengawasi perkembangan belajar anak, namun sambil mengawasi anaknya, orangtua boleh ikut belajar juga, sedangkan guru memberikan materi belajar melalui media dokumen, foto, video, video call, dsb.

  • Anak mencoba mempraktekkan materi belajar di rumah dengan pengawasan orangtua, kemudian proses latihan itu direkam dan video dikirimkan ke guru lagi.

  • Guru memberi komentar tentang bagian mana yang kurang tepat dan perlu dilatih lagi, demikian seterusnya.

  • Jika anak ada pertanyaan, orangtua dapat langsung menanyakan pada guru via Whatsapp.


B.   Kursus Musik Online Untuk Dewasa

  • Materi belajar dapat diberikan mulai dari tahap pemula (beginner), menengah (intermediate) dan mahir (advance). Materi secara spesifik dapat di request sesuai kebutuhan siswa.

  • Dasar teori untuk semua instrumen akan diberikan oleh pengajar, namun materi lagu dapat di request sesuai kebutuhan dan perkembangan siswa.

  • Aliran musik yang ingin dipelajari juga dapat dipilih sesuai kebutuhan siswa.


Apa kelebihan program Kursus Musik Online ini ?
  • Untuk orang dewasa, waktu belajar sangat fleksibel.

  • Untuk anak-anak, keterlibatan orangtua sangat mendukung perkembangan belajar anak. Perkembangan anak bisa dipantau setiap saat oleh orangtua, karena orangtua yang bertindak sebagai mentor. Seringkali jika mengikuti kursus musik offline orangtua hanya sekedar mengantar-jemput anak tanpa peduli pada perkembangan belajar anak. Jadi tempat kursus hanya dianggap sebagai tempat penitipan anak yang sekedar memberi kesibukan anak, atau memberikan waktu refreshing pada anak setelah seharian belajar di sekolah. Anggapan tersebut sangat keliru. Belajar musik memerlukan disiplin dan keseriusan, perlu dukungan (encouragement) dari orangtua. Barulah setelah anak menguasai teori dan teknik bermusik, musik itu menjadi sesuatu yang menyenangkan dan menghibur.

  • Materi teori musik dari guru, namun materi lagu bisa di request sesuai kebutuhan anak.

  • Lebih lanjut, jika ingin mengikuti ujian musik internasional seperti ABRSM (http://id.abrsm.org), Trinity School of Rock (http://www.trinitycollege.com), dsb, dapat membeli buku materi ujian, dipelajari bersama guru kemudian mendaftar ujian melalui Venny Music.

  • Biaya murah, hanya 100.000/bulan, dengan durasi waktu untuk tanya jawab bebas, sepuasnya, kapan saja, dalam sebulan tsb via media Whatsapp.


Syarat mengikuti Kursus Musik Online :
  • Mempunyai alat musik yang ingin dipelajari di rumah, dengan kualitas standar. Standar artinya kualitas alat musik mumpuni untuk digunakan berlatih. Mengenai alat musik standar yang seperti apa, kami melayani konsultasi mengenai alat musik. Bahkan jika belum mempunyai alat musik, namun ingin bertanya dulu dengan pengajar mengenai alat musik apa yang tepat untuk kebutuhan tiap anak, kami juga melayani konsultasi pemilihan alat musik.

  • Mempunyai aplikasi Whatsapp di Smartphone atau Komputer yang digunakan sebagai media untuk interaksi dalam proses belajar mengajar.

  • Koneksi internet yang stabil.

  • Jika ingin mengikuti ujian musik Internasional, wajib membeli buku materi ujian yang asli (bukan fotokopi).



 

Comments