Pertanyaan yang sering diajukan orangtua dan siswa dalam Kursus Musik Online

1. Saya tidak punya alat musik di rumah, apakah bisa belajar secara online ?

Belajar musik yang paling dasar adalah belajar teori musik. Teori musik ini membangun dasar yang kuat dalam bermain musik. Jadi kita masih bisa belajar musik online tanpa menggunakan alat musik. Banyak aplikasi yang mendukung untuk simulasi belajar musik secara online, seperti aplikasi menulis notasi musik, aplikasi simulasi bermain piano, gitar, drum, aplikasi membuat lagu midi, dan masih banyak lagi. Tentu saja, untuk meningkatkan perkembangan motorik otot, sebaiknya kita memang harus praktek menggunakan alat musik, namun dalam membeli alat musik pun bisa membeli yang paling standar (sederhana) dulu, tidak harus yang mahal, yang penting bisa digunakan untuk latihan.


2. Saya (orangtua) tidak bisa main musik, apakah saya bisa mengajari anak saya ?

Bisa, karena materi sudah disiapkan oleh pengajar sesuai kemampuan dan kebutuhan anak, orangtua cukup membantu mengawasi dan memotivasi anak untuk latihan.

Jika ada kesulitan atau tidak memahami materi belajar, bisa langsung bertanya pada guru.


3. Anak saya tidak berkembang secara cepat, apakah anak saya tidak berbakat ?

Tidak ada anak berbakat dalam suatu ketrampilan, yang ada hanyalah anak yang rajin atau malas. Jika rajin berlatih, pasti ada perkembangan, walaupun sedikit demi sedikit. Orangtua harus sabar dalam mengamati perkembangan anak, dan juga aktif mendukung anak jika anak memerlukan bantuan.


4. Anak saya tidak mau berlatih sendiri di rumah, sedangkan saya (orangtua) sibuk bekerja, apakah harus dipaksa ?

Untuk memotivasi anak berlatih sendiri, orangtua harus mau memberi penjelasan tentang pentingnya mempunyai ketrampilan sebagai bekal di masa depan, sehingga timbul kesadaran anak untuk belajar, bukan belajar karena paksaan.

Comments