Home‎ > ‎

Tentang Kami


Arti Logo Venny Music


  • Harpa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Harp adalah merupakan jenis alat musik petik. Seringkali alat musik ini diilustrasikan bersama dengan para malaikat. Bentuknya tinggi, umumnya berwarna emas, dan memiliki senar. Biasanya berbentuk dasar segitiga. Seringkali hadir bersamaan dengan orkestra simfoni, bersamaan dengan suara vokal, suara flute, atau bisa juga dengan jazz bass dan drum. Harpa merupakan salah satu intrument yang tertua, dan konon telah digunakan sejak zaman Mesir kuno (http://id.wikipedia.org/wiki/Harpa). Menggunakan simbol ini, Venny Music mengharapkan musik yang indah dapat dihasilkan dari alat musik yang baik, seperti para malaikat yang memainkannya. 
  • Simbol zodiak Virgo di tengah harpa emas melambangkan virginitas (keperawanan),  seperti sifat dari musik yaitu orisinil dan jujur.
  • Warna Biru melambangkan kebijaksanaan, kepercayaan dan kejujuran.  Warna biru juga diasosiasikan dengan ketenangan dan ketulusan (http://www.color-wheel-pro.com/color-meaning.html). Musik yang harmonis diharapkan dapat menimbulkan perasaan tenang dan damai bagi pendengarnya.

 Sekilas Mengenai Venny Music

Venny Music adalah sekolah musik yang didirikan pada tanggal 11 Januari 2007. Sekolah musik kami terdaftar dalam Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dengan Surat Keputusan nomor 503.16/03/411/2017 dengan peringkat B. Sekolah musik kami juga terdaftar dalam Kementerian Pendidikan Nasional, Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal, dengan Nomor Induk Lembaga Kursus (NILEK) 03203.4.1.0033/61 (http://www.infokursus.net/infolkp/index.php?id=11107).


Sekolah musik kami menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang memberikan pengajaran musik sesuai dengan kemampuan setiap siswa. Pada dasarnya setiap orang adalah unik, yaitu mempunyai pola pikir, gaya, nilai rasa dan interpretasi yang berbeda-beda terhadap musik. Hal ini tidak memandang usia, artinya bahwa dari anak kecil sampai orang dewasa sudah memiliki keunikan tersebut.  Di Venny Music, kami menghargai setiap pola pikir individu sebab pada dasarnya musik itu sendiri adalah suatu bentuk seni yang jujur, tidak dapat dipaksakan dan menyangkut nilai rasa serta keindahan. Keindahan musik hanya akan muncul dari hati yang bersukacita.

 Venny Music menggunakan pendekatan personal yaitu kurikulum yang disesuaikan dengan minat dan perkembangan setiap siswa. Jadi antara siswa satu dengan yang lainnya, bisa berbeda materi lagu yang diterima, namun dasar-dasar teknik dan teori akan diberikan mengikuti materi lagu tersebut. Jadi pada dasarnya, kami mengajarkan musik dari aspek keindahannya lebih dahulu, baru kemudian aspek teknik musik akan diberikan setelah siswa mempunyai ketertarikan dan kecintaan terhadap musik.

Venny Music mempunyai kurikulum dasar sebagai panduan para guru untuk mengajar, namun kami memberikan kebebasan bagi para guru untuk mengembangkan materi lagu sesuai dengan perkembangan siswa dan perkembangan musik saat ini. Perkembangan musik di abad 20 ini sedemikian pesat dan didukung oleh peralatan digital yang semakin membantu musisi untuk melahirkan karya-karya musik yang belum pernah ada dan tidak pernah terpikirkan di era-era sebelumnya. Oleh karena itu, para guru juga dituntut proaktif dalam mengikuti perkembangan siswa dan perkembangan dunia musik secara umum, selalu giat berlatih dalam meningkatkan ketrampilan dan wawasannya di bidang musik. Venny Music akan memberikan fasilitas yang mendukung pengajaran musik dalam bentuk penyediaan alat musik maupun materi pendukung lainnya yang selalu disesuaikan dengan perkembangan musik terkini.

Venny Music juga memberikan wadah bagi para siswa untuk mengapresiasi musik sesuai minatnya masing-masing melalui konser musik yang akan diinformasikan dalam berita maupun kalender acara, dengan anggapan bahwa siswa akan semakin memahami musik dengan baik melalui pengalaman bermain musik bersama dalam bentuk konser. Wujud nyata hasil belajar para siswa akan ditampilkan secara langsung di depan publik melalui penyajian musik konser ini. Bukan hanya di depan tim penguji atau juri, namun orang tua dan masyarakat umum juga dapat ikut menikmati dan memberikan apresiasi. Hal ini dapat memberikan dampak psikologis luar biasa pada siswa. Di dalam diri mereka akan tumbuh rasa percaya diri, antusias dan kecintaan terhadap musik yang pada akhirnya akan menimbulkan semangat pula untuk belajar hal-hal lain dalam kehidupannya. Pada dasarnya musik adalah suatu seni yang tidak dapat dinilai dan diukur secara nyata, namun hanya dapat dinikmati dan diapresiasi bersama.

    

 

Venny Septania, SE. MM

Pimpinan Venny Music

 

Comments